100 Bible Verses That Made America: Defining Moments That Shaped Our Enduring Foundation of Faith

100 Bible Verses That Made America: Defining Moments That Shaped Our Enduring Foundation of Faith

PPKn Tunjukkan hubungan pembukaan dan Proklamasi Kemerdekaan (Tuliskan bunyi proklamasi) ​

Tunjukkan hubungan pembukaan dan Proklamasi Kemerdekaan (Tuliskan bunyi proklamasi) ​

Jawaban:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Soekarno/Hatta.

2.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, yang dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di sebuah rumah hibah dari Faradj bin Said bin Awadh Martak di Jalan Pegangsaan

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah teks yang dibacakan oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan awal dari masa kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari belenggu penjajahan.

Pembahasan:

Tulisan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ejaan Ejaan Van Ophuijsen (ejaan bahasa Indonesia yang berlaku dari tahun 1910 hingga 1947) yaitu

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoesaan d.l.l diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo jang sesingkat singkatnja.

Djakarta hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta.

Pada penulisanya, ejaan yang digunakan adalah Ejaan Van Ophuijsen. Seperti masih menggunakan huruf "j", "oe", dan "dj". Untuk jelasnya, penulisan teks proklamasi dapat dilihat pada gambar terlampir.

by:Ken saka✓

[answer.2.content]